Cara Memilih Bisnis Multi Level Marketing yang Baik

Cara Memilih Bisnis Multi Level Marketing yang Baik

Apa yang terbayang jika Anda mendengar kata MLM? MLM adalah bisnis Multi Level Marketing. Banyak yang kurang memahami detailnya dan akhirnya menyimpulkan sendiri secara salah.

Bisnis MLM Multi Level Marketing

Pengertian bisnis MLM adalah sebuah sistem yang memberikan untung atau kompensasi hanya jika seorang sales melakukan penjualan terhadap suatu barang. Selain kompensasi dari menjual, sales juga mendapatkan hasil jualan dari seseorang yang sales itu rekrut. Seseorang yang direkrut bernama downline yang didaftarkan menjadi partner untuk membantu penjualan produk bisnis MLM ini.

Misalkan Anda menggeluti bidang ini. Bagaimana jika sales yang Anda daftarkan tadi merekrut sales lain? Di sini keuntungan pasifnya. Anda semakin banyak pendapatan dari para sales yang merekrut orang lain yang mau menjual produk.

Cara-Cara Memilih MLM yang Baik

1. Terdaftar di AP2LI

AP2LI sendiri adalah kependekan Asosiasi Perusahaan Penjual Langsung Indonesia. Asosiasi ini menjadi wadah berbagai perusahaan multi level marketing. Aturan hukum di Indonesia belum ada yang dapat mengaturnya. Maka, hal ini menciptakan aturan dan kode etik pada perusahaan MLM yang disepakati bersama.

Beberapa persyaratan harus dipenuhi perusahaan agar bisa bergabung dengan AP2LI dan mendapatkan sertifikasi. Tidak semua perusahaan MLM bisa menjadi anggotanya. Hanya yang dianggap betul-betul memenuhi persyaratan yang dapat menjadi anggota. Anda bisa mencari perusahaan MLM yang baik dengan melihat daftarnya dalam anggota AP2LI ini.

2. Harus Mempunyai Badan Hukum yang Jelas

Mempunyai badan hukum yang jelas adalah suatu keharusan bagi sebuah perusahaan MLM yang baik. Perusahaan MLM harus membuat badan hukum Perseroan Terbatas (PT) yang mempunyai SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Langsung) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Dengan adanya badan hukum, produk bisnis MLM yang dijual dan digunakan anggota dapat dipertanggungjawabkan.

3. Mempunyai Sistem untuk Mencapai Kesuksesan

Memastikan hal ini adalah dengan bukti-bukti bahwa perusahaan MLM mampu mencetak banyak orang menjadi berhasil. Bahkan oleh orang yang berangkat dari nol bisa sukses. Sistem dapat berjalan efektif jika dijalankan oleh si tua dan muda, apakah dia wanita atau pria, dan semua latar belakang pendidikan.

Ciri-ciri lain adalah adanya alat-alat bantu usaha, seperti buku bimbingan, audio / video motivation, atau seminar / webinar yang bisa dihadiri semua anggota. Yang harus dihindari adalah perusahaan MLM yang menggembar-gemborkan hasil maksimal tapi tanpa adanya usaha dari anggota.

Baca Juga : Apa Itu Ekonomi Sharing, Prinsip dan Dampaknya?

4. Mempunyai Pendukung Sistem yang Baik

Anda bisa melihat bisnis MLM yang baik dengan mengamati sistem pendukung. Adanya support system dalam bisnis pasti menjadi salah satu keinginan semua anggota.

Jika ada pertanyaan karena belum memahami sepenuhnya atau keluhan sistem yang ada, peran support system berlaku. baik offline maupun online. Syarat support system harus mudah diakses oleh anggota.

5. Upline yang Mau Membantu Downline

Kondisi yang membantu satu sama lain membuat sistem berjalan sukses. Untuk upline yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis MLM tersebut, akan sangat membantu jika mendorong downline berkembang.

Apabila upline hanya merekrut saja tanpa memantau penjualan produk downline, jangan pernah memilih bisnis MLM ini. Ini akan menyusahkan Anda sebagai pemula dan terdapat persaingan tidak sehat di sana.

Upline yang baik akan aktif memberikan bantuan jika downline kesulitan. Memberikan pembinaan dan sharing ilmu. Atau kadang dengan cara memberikan contoh secara langsung menggaet anggota baru kepada downline.

Jadi, Anda Tertarik Bisnis MLM?

Dari beberapa tips tadi, Anda hanya tinggal menerapkan dan memilih mana bisnis MLM sesuai kriteria. Jika belum menemukan bisnis multi level marketing yang baik, Anda bisa bergabung dengan Bitrexgo. Kami adalah bisnis MLM terbaru berupa penyedia modul edukasi finansial dengan sistem MLM.

Membangun Bisnis Network Marketing yang Auto Pilot Menggunakan Strategi Digital Marketing

Strategi ini membuat saya mampu mendapatkan 159 calon member, kurang dari 14 hari., dan mendapatkan minimal 1 member setiap hari.


Scroll to Top